Template dan Tips Seputar Blogger

Thursday, June 22, 2017

Bahaya Duplikat Konten Pada Blog

Bahaya Duplikat Konten Pada Blog - Melakukan duplikat konten atau yang biasa di sebut Copas (copy paste) adalah hal berbaya. Namun, kurangnya pengetahuan para blogger seputar bahaya duplikat konten menjadikan blog copaser semakin banyak. Blog copaser yang memiliki duplikat kontent terbagi dua, ada yang copas manual dan ada yang menggunakan robot. Tapi disini saya akan membahas lebih banyak efek yang di timbulkan oleh duplikat konten, persoalan cara copasnya akan kita bahas lain waktu.

Bahaya Duplikat Konten Pada Blog

Duplikat konten juga bisa berupa kontent ganda yang ada berada di blog. Hal ini biasa dilakukan secara sengaja maupun tidak. Banyak yang percaya bahwa konten ganda akan meningkatkan peluang berada di page one SERP (Search Engine Result Page). Namun kenyataannya hal tersebut akan membuat kontent berada di page one tetapi tidak permanen. Secara tidak di sengaja juga sering terjadi, yaitu ketika ingin melakukan impor blog. Jadi, perhatikan baik-baik konten yang sudah pernaah di impor agar tidak terjadi duplikat konten.

Efek Yang Ditimbulkan Dari Blog Dengan Duplikat Konten


1. Sulit di Approve GA (Google Adsense)


Point yang dapat dipetik dari gambar di atas adalah, "Pastikan situs Anda memberikan nilai tambah. Penayang tidak diizinkan untuk membuat beberapa laman, subdomain, atau domain yang sebagian besarnya berisi konten duplikat".

Jadi, sebelum mendaftarkan blog Anda ke Google Adsense, periksa dulu apakah ada duplikat konten pada blog Anda. Bila ternyata blog yang ingin anda daftarkan GA memiliki duplikat konten, bisa langsung menuju ke google DMCA untuk di tindak lanjuti.

2. Kemungkinan Di Banned oleh pihak Google Adsense


Blog yang sudah di approve oleh pihak GA jangan berbahagia dulu, karena bila setelah di approve oleh GA maka blog Anda akan lebih mudah di temukan dan di saring lagi isi kontennya. Dari pengalaman pribadi pasti tidak sedikit yang menganggap bahwa sulit untuk di approve pihak GA untuk menjadi publisher, sebenarnya lebih sulit lagi untuk tetap mempertahankan menjadi publisher kecuali blog Anda memiliki ribuan visitor.

Perlu di Ingat bahwa setelah di approve, ketentuan pihak google pada point pertama yang saya bahas sebelumnya tetap berlaku. Jadi, bila blog Anda tidak memiliki duplikat konten sebaiknya di pertahankan walau sudah di approve agar tidak di banned oleh pihak GA.

3. Konten Akan sulit Mendapatkan Page One SERP (Search Engine Result Page) Google


Blog dengan konten asli dan juga blog dengan duplikat konten, manakah yang akan masuk page one? Tentu saja konten asli yang akan masuk page one, karena konten tersebut pertama di Index namun, bila Anda menguasai teknik SEO yang lebih baik dari si pemiliki konten asli, bukan tidak mungkin bahwa konten duplikat dapat mengalahkan konten asli.

4. Blog atau Konten Blog dapat di Hapus Jika Ketahuan Memiliki Duplikat Konten


Banyak yang berfikir kalau konten yang di copas dari blog lain itu tidak apa-apa. Sebenarnya copas sana sini juga tidak apa-apa asalkan di setujui oleh pemilik konten asli. Walaupun Anda telah mengedit kontent sedemikian rupa dan mengikut sertakan sumber blog, kalau pemilik konten asli tidak menerima hal tersebut, tentu saja pemilik sah konten itu dapat melaporkan ke google DMCA.

Sekitar seminggu akan ada peninjauan bahwa blog yang memiliki duplikat konten akan mendapatkan penalti yang seperti apa. Dari pengalaman peribadi saya pernah mengajukan banding terhadap konten saya yang di copas kepada pihak Google Webmaster. Waktu itu ada tiga blog yang saya laporkan. Hasilnya satu blog di hapus/banned permanen oleh pihak google dan dua lainnya hanya mendapat penalti ringan berupa penghapusan kontent yang di laporkan. Mengapa ada satu blog yang dihapus dan dua lainnya hanya kontennya saja yang di hapus?

Blog yang pertama saya laporkan memiliki lebih dari 20 duplikat konten dari blog saya sehingga pihak google langsung memberikan banned permanen terhadap blog tersebut. Namun, ada blog lain yang juga memiliki lebih dari 20 duplikat konten namun tidak di banned permanen oleh pihak google, ini karena blog tersebut mengubah settingan pembaca menjadi privasi sehingga hanya pemilik blog yang dapat melihat isi konten. Sedangkan blog lainnya hanya copas 5 postingan dari blog ini sehingga mendapat penalti ringan berupa penghapusan konten.

Saya rasa cukup sekian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menjadi teguran bagi oknum yang tidak bertanggung jawab. Sebaiknya bila ingin melakukan duplikat konten atau copy paste, lapor dan negosiasikan terlebih dahulu kepada pemilik konten asli agar blog anda tidak di laporkan ke Google DMCA.

Berikan tanggapan Anda
EmoticonEmoticon

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×