Template dan Tips Seputar Blogger

Thursday, June 22, 2017

Cara Memasang Kotak Pencarian di Blog

Cara Memasang Kotak Pencarian di Blog - Bagi Anda yang baru bergabung dalam dunia blogging, kalian harus tahu bahwa kotak pencarian dalam blog itu sangat penting. Hal ini untuk mempermudah pengunjung mencari artikel postingan yang ada di dalam blog kita. Seperti mesin pencari Google misal, mesin ini mempermudah kita dalam mencari data yang kita butuhkan. Begitu pula di blog Anda, hal ini akan sangat membantu para pengunjung blog Anda.

Cara Memasang Kotak Pencarian di Blog

Di beberapa template, widget pencarian ini sudah dicantumkan, namun bagi yang belum ada jangan khawatir karena kita bakal belajar cara buatnya.

1. Menggunakan HTML


Cara pertama bakal saya beberin dengan menggunakan kode HTML. Caranya cukup mudah. Pertama login akun blogmu, terus pilih Tata Letak, terus klik Tambahkan Gadget, Pilih HTML/JavaScript. Lalu masukkan kode berikut:

<form action="http://www.iumari.com/search"
method="get"> <input class="textinput" name="q" size="30" type="text"/> <input value="search" class="buttonsubmit" name="submit" type="submit"/></form>

Ganti tulisan "http://blog.iumari.com" dengan link Anda, dan "30" dengan panjang lebar yang Anda kehendaki.

Kalau sudah klik Simpan.

Hasilnya akan menjadi seperti ini:


2. Menggunakan Widget Penelusuran


Cara ini hampir sama dengan cara pertama, bedanya kita tidak menambah kode script apapun. Kita hanya menambahkan widget ke blog kita. Pada Tata Letak, kita tambahkan widget Kotak Penelusuran. Nah terus klik simpan dan atur sesuai kehendak Anda.

Selesai, semoga tutorial Cara Memasang Kotak Pencarian di Blog dapat mempermudah pengunjung blog Anda dalam mencari artikel postingan yang Anda buat.

Berikan tanggapan Anda
EmoticonEmoticon

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×