Template dan Tips Seputar Blogger

Friday, June 23, 2017

Cara Menghilangkan Icon Obeng dan Tang di Blogger

Cara Menghilangkan Icon Obeng dan Tang di Blogger - Icon quick edit pada widget blogger dilambangkan dengan obeng (screwdriver) dan kunci pas (wrench).

Beberapa blog lain menyebut itu adalah tang dan obeng, namun yang benar adalah obeng dan kunci pas. Ini penting untuk diketahui sobat Iumari.

Cara Menghilangkan Icon Obeng dan Tang di Blogger

Quick edit merupakan fitur yang tersemat pada tiap widget blogger. Berfungsi sebagai shortcut (jalan pintas) yang memungkinkan pemilik blog mengedit widget-widget blognya langsung melalui halaman blognya, bukan melalui layout pada dashboard blogger.

Quick edit hanya dapat dilihat oleh pemilik blog ketika dia sedang login Blogger. Pembaca tidak dapat melihat icon quick edit pada blog yang sedang dibacanya. Pemilik blog juga tidak akan dapat melihat icon quick edit walaupun itu blognya sendiri jika tidak login Blogger.

Sebagian pemilik blog menganggap icon quick edit ini merupakan fitur yang tidak perlu sehingga mereka ingin menghapusnya.

Sebagian lainnya beralasan karena quick edit membuat blog mereka menjadi tidak valid HTML5, dan itu memang benar.

Kali ini saya akan berbagi tutorial untuk menghilangkan icon quick edit. Simak caranya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Icon Obeng dan Tang di Blogger dengan CSS


Cara pertama dilakukan dengan menambahkan style CSS.

Cara ini akan menyembunyikan icon quick edit dari pandangan mata, bukan menghilangkan. Dalam artian kode pembentuk icon quick edit di dalam template blog masih tetap ada, hanya saja icon quick editnya tidak ditampilkan.

1. Pada Dashboard Blogger, pilih Template, kemudian pilih Edit HTML > Cari kode ]]></b:skin> atau </style> dengan fitur search (tekan Ctrl+F) > Tambahkan style CSS .quickedit{display:none;} di atasnya.

.quickedit{display:none;}

2. Simpan Template.

Cara ini cukup efektif karena hanya dilakukan sekali saja. Icon quick edit yang seharusnya muncul pada penambahan widget baru tidak akan ditampilkan.

Namun cara ini tidak mengatasi masalah validasi HTML5, karena quickedit hanya disembunyikan, bukan dihilangkan.

Jika tidak masalah bagi Anda memiliki blog yang tidak valid HTML5, gunakan cara pertama ini. Namun jika Anda ingin blog Anda tetap valid HTML5, gunakan cara kedua.

Menghapus Icon Quick Edit langsung dari widget


Cara kedua dilakukan dengan menghapus kode pembentuk icon quick edit, sehingga icon quick edit pun tidak akan tampil. Cara ini sukses mengurangi error pada validasi HTML5.

1. Pada Dashboard Blogger, pilih Template, kemudian pilih Edit HTML > Cari markup quick edit <b:include name='quickedit'/> dengan fitur search (tekan Ctrl+F) > Hapus semua kode tersebut.

<b:include name='quickedit'/>

2. Simpan Template.

Anda harus menghapus kode pembentuk icon quick edit secara manual pada setiap penambahan widget baru.

Itulah Cara Menghilangkan Icon Obeng dan Tang di Blogger, jangan lupa untuk meninggalkan komentar apabila Anda berhasil mengikuti tutorial di atas.

Berikan tanggapan Anda
EmoticonEmoticon

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×