Template dan Tips Seputar Blogger

Thursday, June 22, 2017

Cara Riset Kata Kunci dengan Google Trends

Cara Riset Kata Kunci dengan Google Trends - Ketika Anda ingin mengetahui keyword yang tepat untuk digunakan pada postingan, ada kalanya melakukan riset keyword. Google telah memberikan fasilitas untuk melakukan riset keyword yaitu Google Adwords : Keyword Planner. Bagi yang belum tau cara menggunakan tools ini, silahkan baca Cara Mudah Riset Keyword Menggunakan Google Adwords : Keyword Planner.

Cara Riset Kata Kunci dengan Google Trends

Akan tetapi, pada postingan kali ini saya akan membahas cara riset keyword dengan menggunakan tools google yang lain, yaitu Google Trends. Google Trends merupakan salah satu tools google untuk mengetahui kata apa saja yang sering dan paling banyak digunakan saat searching di google. Akan tetapi tools ini bekerja dalam kurun waktu yang dapat Anda tentukan sendiri, misalkan kata kunci dalam setahun, sebulan atau sehari.

Perbedaan Antara Google Trends dan Google Keyword Planner


Akan muncul pertanyaan, apakah perbedaan google trends dengan google keyword planner? Perbedaan kedua alat ini terletak pada fungsinya, google trends adalah alat untuk memperoleh informasi mengenai kata kunci yang paling populer, artinya banyak dicari orang dan sedang naik daun, sedangkan google keyword planner adalah alat untuk menganalisa jumlah pencarian terhadap kata kunci tertentu serta tingkat kompetitor atau pesaing dari kata kunci yang kita tentukan. Kalau di lihat dari fungsinya, keduanya sangat berkaitan artinya keduanya bisa kita gunakan bersama-sama untuk mendapatkan kata kunci yang benar-benar punya kualitas, sehingga kata kunci tersebut siap kita sisipkan sebagai judul artikel yang akan di buat.

Cara Melakukan Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends


1. Silahkan kunjungi http://www.google.com/trends/explore.

2. Tentukan kata kunci yang Anda ingin cari lalu masukkan pada kolom yang tersedia. Contohnya :

"Anime" merupakan kata kunci yang ingin saya riset.

"+Add term" merupakan tombol untuk memulai riset dari kata kunci yang dimasukkan.

"Worldwide" merupakan fokus negara dari riset yang dilakukan. bila menggunakan wordwide maka riset dilakukan diseluruh dunia, tapi bila mengganti dengan nama negara maka riset akan terfokus di negara yang telah dipilih.

"2004 - present" merupakan fokus waktu dari riset kata kunci yang dimasukkan. Dapat anda ganti menjadi past hour (sejam terakhir), past 4 hours (4 jam terakhir), past day (sehari terakhir), past 7 days (7 hari/seminggu terakhir), past 30 days (30 hari/sebulan terakhir), past 90 days (90 hari terakhir), atau past 12 months (12 bulan/setahun terakhir).

"All categories" merupakan fokus kategori dari kata kunci yang ingin di riset. Sesuaikan kategori dengan kata kunci atau biarkan saja agar dapat mencakup semua kategori yang ingin diriset dari keyword tersebut.

"Web Search" merupakan fokus pada web yang muncul di search engine. Bisa disesuaikan dengan merubah menjadi image search, news search, google shopping, atau youtube search.

3. Lihat hasil yang paling bawah dengan malakukan scroll down pada hasil pencarian kata kunci yang telah dimasukkan.

Cara Menyisipkan Keyword Pada Postingan atau Artikel Blog


Hasil diatas merupakan kata kunci serupa yang sering digunakan saat mencari di search engine. Anda tinggal menyisipkan kata-kata tersebut pada postingan atau artikel anda. Bisa menggunakan semua atau fokus pada beberapa kata kunci yang sesuai sehingga dapat dengan mudah terindex dan masuk di page one google serp.

Memilih Kata Kunci yang Akan di Riset Menggunakan Google Trends


Kata kunci yang saya gunakan sebelumnya adalah "Anime", kata kunci tersebut akan memberikan banyak hasil karena merupakan short keyword atau kata kunci pendek. Anda dapat mencoba memasukkan kata kunci panjang atau long keyword seperti "Download Anime 2015", maka pada hasil related searches atau hasil kata kunci tekait akan muncul kata kunci dari judul anime apa saja yang paling trend atau paling di cari. Tentukan waktu pada fokus riset dengan menggunakan past 12 months (12 bulan/setahun terakhir) pada fokus waktunya. Ini digunakan untuk mengetahui kapan kata kunci tersebut paling sering digunakan. Terserah anda ingin menggunakan fokus waktu yang mana saja boleh agar bisa mendapatkan hasil sesuai keinginan anda.

Saya rasa cukup sekian dari artikel kali ini tentang Cara Riset Kata Kunci dengan Google Trends. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda dan berikan komentar pada post ini sebelum memulai riset keyword agar saya dapat terus termotivasi dalam mengupdate artikel pada blog ini.

Berikan tanggapan Anda
EmoticonEmoticon

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×