Template dan Tips Seputar Blogger

Friday, June 23, 2017

Teknik dan Strategi SEO Terbaru Paling Ampuh

Pada artikel kali ini saya akan kupas tuntas semua teknik dan strategi SEO yang saya gunakan dalam mengoptimasi Blog. Berikut ini salah satu hasil yang saya dapatkan setelah menggunakan beberapa teknik dan strategi SEO yang saya bagikan di artikel ini.

Teknik dan Strategi SEO Terbaru Paling Ampuh

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, teman-teman harus melakukan secara step by step tidak instan. Silahkan simak dan praktek artikel khusus tentang SEO yang saya sajikan khusus untuk semua blogger.

Pengertian SEO, Jenis SEO, dan Tujuan SEO


1. Pengertian SEO


SEO atau search engine optimization adalah suatu usaha yang harus dilakukan untuk sebuah blog atau website yang tujuannya tidak lain hanya untuk meningkatkan jumlah trafik kunjungan melalui search engine / mesin pencari yang menuju ke website atau blog. usaha ini memiliki kaedah penting yang menyangkut tentang aturan dari algoritma mesin pencari dan ini sering kali disebut dengan istilah optimasi seo.

2. Jenis SEO


Menurut perundang-undangan dari para ahli dan pakar bahwa jenis optimasi dibagi menjadi dua bagian yakni on page dan off page. kedua hal ini harus di di optimasi secara real time untuk mendapatkan lebih banyak trafik dari mesin pencari. Yaitu Optimasi SEO On Page dan Optimasi SEO Off Page.

SEO On Page


SEO on page adalah suatu usaha pengoptimalan dari dalam blog itu yang bertujuan meningkatkan jumlah trafik blog melalui mesin pencari dan menduduki peringkat pertama di SERP (Search Engine Result Page).Berikut ini beberapa jenis optimasi SEO On Page.

1. Memilih Template SEO


Memilih template (CSS) yang SEO friendly. CSS (template) yang SEO friendly adalah CSS yang tidak menggunakan property "display:none", "font-size:0;" dan kode sejenisnya yang bertujuan untuk menyembunyikan suatu element dan juga responsive. Teman-teman bisa menggunakan template dari Arlina Design, kang ismet, kang mousir atau Kompi Ajaib.

2. Optimasi Tag Judul / Title Blog


Dalam penulisan judul untuk optimasi seo on page berada pada tag yang bisa anda lihat dengan cara open source template, nilai judul ini sangat penting untuk mesin pencari sebab dengan adanya judul mesin pencari akan tahu judul postingan atau judul blog teman-teman. untuk itu sudah sepatutnya kalian menggunakan judul dalam setiap postingan. panjang judul tidak lebih dari 70 huruf ini yang harus kalian terapkan agar judul bisa mendapatkan Page One di Google. Sedikit tambahan juga, untuk pemilihan judul usahakan memberikan judul yang unik dan tidak pasaran. Seperti contoh “Iumari” , nama ini saya ambil dari bahasa Indonesia.

3. Meta Tag Description


Untuk optimasi seo on page yang kedua tentang meta description yang harus anda utamakan ketika. meta ini akan membuat blog atau website anda akan tampil dalam hasil pencarian. untuk itu jika anda kini anda belum menggunakan meta description sebaiknya anda menggunakan meta description untuk menampilkan potongan konten dalam setiap postingan. Panjang dari meta description sendiri dalam optimasi seo on page adalah sebanyak 156 huruf saja. jadi manfaatkan baik-baik potongan konten ini untuk di tampilkan di hasil pencarian.

Teman–teman bisa melihat berapa persen SEO blog di chkme.com. Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara agar blog teman-teman bisa SEO 100 persen di chkme.com. Cara ini sudah saya terapkan di Iumari dan work.

4. Optimasi Artikel SEO


Judul Artikel

Berilah judul artikel kamu sesuai dengan kata kunci yang ingin kamu optimalkan dan sesuai dengan isi dari artikel tersebut (relevan).

a. Artikel bukan dari copas

b. Artikel minimal lebih dari 500 kata atau kalau bisa 1500 kata ke atas agar memperkuat

SEO artikel

c. Artikel yang memiliki konten menarik. (Gambar, Pertanyaan Interaktif dll)

Optimasi Permalink/URL Artikel

Untuk optimasi seo on page yang berikutnya adalah mengoptimalkan permalink dalam setiap postingan. usahakan dalam penulisan permalink jangan sampai terpotong.

Gunakan H1 Pada Judul Posting

Penggunaan atribut heading merupakan salah satu upaya untuk optimasi seo on page dan penggunaan atribut heading ini sering kali banyak yang salah saat menggunakannya, sebaiknya atribut H1 hanya di tempatkan pada judul posting sedangkan yang lainnya seperti H2, H3, H4 dan H5 gunakan untuk membuat subjudul saja. dalam optimasi seo on page atribut H1 hanya dapat di gunakan satu kali dalam satu artikel. untuk itu ketika anda membuat artikel perhatikan hal ini.

Optimasi SEO Gambar

Untuk berikutnya untuk langkah optimasi seo on page yaitu mengoptimalkan seo pada gambar. seperti yang anda ketahui bahwa mesin pencari tidak akan bisa memahami file gambar dan untuk mengatasi hal ini para pakar seo mengatakan untuk mengoptimalkan pencarian gambar sebaiknya menggunakan atribut alt, dengan begini gambar dalam postingan akan muncul di halaman pencarian. penulisan alat bisa anda lihat dibawah ini.

Gunakan Bold , Underline, dan Italic

Untuk mendapatkan lebih banyak seo dalam setiap postingan gunakan atribut bold, underline dan italic pada kata kunci yang anda bidik. hal ini akan menambahkan nilai seo on page dalam setiap postingan yang anda buat dan sering kali para pakar seo mengatakan jika ingin postingan mempunyai nilai seo yang baik sebaiknya gunakan hal ini untuk optimasi seo on page.

Penempatan Keyword (Kata Kunci) Pada Artikel

Dalam menempatkan kata kunci di dalam sebuah artikel, tidak perlu berlebihan cukup 2 sampai 3 kata kunci saja sudah cukup. Karena apabila kita menempatkan beberapa kata kunci secara berlebihan , google akan menganggap artikel di blog teman2 hanya SPAM dan sulit untuk bersaing di mesin pencarian google.

5. Pasang Breadcrumb


Atribut ini akan mempermudah robot bot untuk menelusuri dari isi situs anda. untuk itu bila anda kini belum memasang breadcumb kini saatnya anda memang attribut internal link ini.

6. Jadwal Update Artikel


Postinglah artikel di blog kamu secara berkala dan rutin (teratur). Minimal 4 hari sekali, tetapi yang paling bagus adalah perbaharui artikel di blogmu 1 hari sekali.

7. Hapus Widget yang Tidak Penting


Dengan menghapus widget - widget yang kurang penting akan mempercepat loading halaman blog

SEO Off Page


Kebalikannya dari arti on page yaitu optimasi yang dilakukan dari luar blog atau website bertujuan meningkatkan jumlah trafik blog dari sumber lain sepeti social bookmark atau social media. Berikut ini beberapa jenis optimasi SEO Off Page.

1. Mempromosikan web atau blog di jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter dan Google.

2. Submit blog ke berbagai mesin pencari. Atau ke web directory.

3. Submit setiap artikel di blogmu ke social bookmark.

4. Mencari backlink entah itu lewat berkomentar di blog - blog dofollow atau dengan bertukar link antar sesama blogger, dan mensubmit artikel ke social bookmark.

5. Dan yang terakhir adalah dengan blogwalking, yaitu dengan mengunjugi blog-blog teman.

3. Teknik SEO


Dan untuk teknik SEO dibagi menjadi dua bagian yaitu teknik white hat SEO dan teknik black hat SEO. Teknik white hat adalah salah satu teknik optimasi yang bersih artinya tidak membabi buta saat melakukan optimasi dan teknik optimasi ini sangat dianjurkan oleh beberapa pakar dan ahli seo dan langkah ini merupakan langkah yang paling aman apabila digunakan.

Sedangkan pengertian teknik black hat adalah suatu teknik optimasi yang buruk artinya selalu membabi buta saat melakukan optimasi dan apabila anda menggunakan cara ini, maka akan mendapatkan hukuman atau sanksi dari Google dan mesin pencari lainnya, dan google sendiri sangat tidak suka dengan teknik black hat, Karena merupakan suatu teknik optimasi yang curang dan instan.

Contoh utama teknik Black hat adalah meninggalkan link di kotak komentar. Apabila teman-teman sering meninggalkan link di kotak komentar blog lain secara berlebihan, maka akan berdampak buruk terhadap blog teman-teman, bukan menambah pengunjung melainkan menurunkan pengunjung.

4. Tujuan SEO


Tujuan SEO adalah untuk menempatkan situs web atau blog pada posisi top hasil pencarian atau halaman pertama hasil pencarian berdasarkan keyword /kata kunci yang dibidik atau ditargetkan. kenapa ini dilakukan ? Karena website atau blog yang menempati dan berada di halaman top rank pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari, dan pengunjung sendiri akan mengutamakan blog yang paling atas sebelum melihat blog dibawahnya. Untuk sebab inilah kenapa banyak Jasa SEO yang menawarkan pada situs dan blog bila ingin mencapai puncak mesin pencari.

Berikan tanggapan Anda
EmoticonEmoticon

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×