Template dan Tips Seputar Blogger

Wednesday, June 21, 2017

Tips Optimasi SEO untuk Para Blogger

Tips Optimasi SEO untuk Para Blogger - Optimasi SEO (Search Engine Optimation) , tentunya kita semuanya sebagai seorang webmasters atau pengelola web/blog sudah menjadi makanan yang wajib di konsumsi setiap harinya. Karena dengan SEO inilah kita bisa mendapatkan banyak keuntungan sesuai dengan tujuan web/blog itu dibuat.

Tips Optimasi SEO untuk Para Blogger

SEO memegang peranan penting bagi sebuah blog untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung, ya walaupun pengunjung datang itu bukan hanya dari mesin pencari, tergantung jenis web itu sendiri, misalnya seperti situs raksasa Facebook ataupun Twitter tentunya nggak terlalu butuh optimasi SEO, tapi peringkat mereka tinggi, itu karena pengunjung menggunakan secara langsung lewat aplikasi.

Situs yang tidak butuh optimasi SEO itu seperti sosial media, forum, web berita,blog berisi komik, cerpen atau cerita pribadi. Itu Hanya butuh promosi selain SEO saja.

Untuk menunjang agar lebih ramah terhadap mesin pencari seperti Google, Bing/Yahoo, Ask, itu kita perlu melakukan sedikit sentuhan agar bisa bersaing dengan yang lainnya, jadi tidak bisa kita biarkan begitu saja seperti menulis novel ataupun menulis cerpen. Karena mereka menggunakan bot yang digunakan sebagai alat untuk mengcrawl setiap laman artikel dan bagaimana susunannya.

Nah di bawah ini saya akan memberikan sedikit perihal kepada kalian tentang optimasi SEO dalam hal yang wajib dilakukan webmasters.

Tips Optimasi SEO untuk Para Blogger


Jadi bagi kalian yang bisa dibilang pemula soal ini, Anda bisa menyimaknya dan juga mempraktikannya siapa tahu bermanfaat bagi Anda. Ini hanya panduan dasar, bagi kalian yang sudah expert tentang optimasi SEO, ini tentunya sudah jadi makanan harian kalian.

Untuk mengetahui ke sepuluh hal tersebut silakan simak pembahasannya.

1. Riset Keyword


Riset Keyword itu sangat penting loh… ya minimal yang pencarian perbulannya tinggi namun persaingan rendah. Dengan reset keyword kita bisa memiliki target pengunjung yang tepat sehingga itu akan menguntungkan kita sendiri.

Coba aja kalo tidak menggunakan riset kata kunci, alias nulis asal-asalan, pasti pengunjung gak ada yang nyari blog kita. Saya dulu pernah punya blog dengan lebih dari 1000 artikel tapi pengunjungnya cuma 1000-2000 itu karena tidak pernah saya reset keywordnya.

Namun sekarang bangun blog dengan penargetan kata kunci, baru 300 artikel saja pengunjungnya sudah lebih dari 10 kali yaitu antara 25000-30.000 pengunjung perharinya. Lumayan jauh bedanya bukan?.

Kita bisa riset keyword menggunakan berbagai tools. Tapi tools dari AdWords Keyword Planner lebih mantap, karena kita bisa tahu akan harga dari biaya per klik atau perkiraan sesuai dengan HPK High Paying Keyword yaitu keyword yang memiliki harga lebih mahal dari pada keyword lainnya.

Namun dalam menentukan keyword ini kalian juga harus memperhatikan niche blog yang Anda bangun, jadi tidak sembarangan mencari kata kunci. Selain itu bila Anda tidak ingin membuat blog Anda di monetisasi dengan Google Adsense, mencari keyword yang mahal juga gak ada gunanya.

Misalnya Anda gunakan iklan mandiri sebagai alat menghasilkan uang dari blog, maka ini tak perlu kalian reset KW (keyword) harga mahal. Cukup cari kata kunci yang memiliki banyak pencarian populer.

Dengan reset keyword yang baik, mesin pencari seperti Google akan lebih Ramah terhadap blog Anda. Jadi lebih ada reputasi yang baik.

2. Tentukan topik dan bahas secara mendalam


Dalam membuat blog memang ada blog niche atau khusus membahas satu jenis tema, ada juga yang membahas banyak tema atau disebut multi niche. Namun blog yang hanya mengandalkan satu tema tentunya akan lebih mudah di monetisasi, karena pengunjungnya lebih tertarget. Misal membahas tentang moto GP, maka jika iklan yang ditampilkan berhubungan dengan moto GP, ini akan terjadi banyak konversi keuntungan.

Berbeda dengan blog gado-gado yang jarang punya pengunjung tetap, hanya memiliki pengunjung dari mesin pencari atau dari sosial media. Jadi apabila pasang iklan sendiri itu jarang terjadi keuntungan yang bersifat menjual suatu produk, karena pengunjungnya memang tidak suka akan hal itu.

Apabila blog kita hanya memiliki satu topik saja, oleh mesin pencari juga unggul karena mendapat prioritas tersendiri dari pada blog niche. Misalnya blog yang membahas review HP atau tentang cara mengobati pasti jika kalian cari di google itu itu saja kan blog yang muncul. Nah itu merupakan prioritas yang diutamakan oleh google kepada blog yang memiliki blog niche dan reputasi yang baik.

3. Optimasi pada nama domain, url permalink, gambar, heading dan judul


Ini ada hubungannya dengan nomor 1 di atas, yang mana setelah kita menemukan kata kunci yang dirasa pas oleh kita, lalu kita gunakan pada berbagai tempat dalam artikel kita seperti di judul, dalam isi artikel, dan sebagainya.

Ini beberapa penempatannya :

Nama domain

Misalnya kamu ingin membuat blog tentang cara menjahit. Kamu bisa gunakan domain seperti tutorialjahit.com atau seputarjahit.net gitu. Yang penting ada kata kunci “jahit” yang kamu masukan di nama domain Anda.

Judul

Berikan keyword utama dengan menargetkan long tail keyword. Misal saya menargetkan kata kunci “cara memperbaiki mesin traktor”… Anda bisa menggunakan long tail keyword seperti “cara memperbaiki mesin traktor roda 2 dengan mudah”. Ini bisa menjaring pengunjung lebih banyak lagi.

Permalink

Gunakan kata kunci utama pada link Anda. Misal Anda menargetkan kata kunci budidaya kentang Jepang maka gunakan permalink example.com/budidaya-kentang-jepang atau bisa juga seperti ini example.com/pertanian/budidaya-kentang-jepang.html yang intinya kalian harus meletakkannya di permalink itu kata kuncinya, tapi jangan kepanjangan ya..

Sub heading

Dalam artikel tentunya akan menemui beberapa contoh atau beberapa hal, nah Anda bisa menggunakan heading h3 atau h2 untuk menuliskannya. Tapi salah satu diantaranya harus disisipi keyword.

Gambar

Bila kalian ingin menjadikan Gambar lebih mudah di temukan oleh google images, maka kamu bisa menggunakan tag alt pada gambar dan jangan lupa masukan kata kuncinya di situ.

4. Selalu update dengan konten berbobot


Google menyukai blog yang memiliki artikel yang selalu di update. Sehingga blog itu terkesan segar untuk di nikmati setiap waktu karena selalu ada saja yang bisa di crawl.

Dengan konten berbobot juga membuat pengunjung suka Untuk kembali dan selalu rutin mengecek blog kita apakah ada konten yang di perbarui lagi atau tidak.

Konten berbobot biasanya lebih dari 400 kata, karena itu lebih di sukai mesin pencari, selain itu juga nantinya tidak akan mudah tersenggol di mesin pencari. Tapi intinya buatlah yang mudah di pahami dan mudah di baca. Jangan bikin panjang panjang tapi hanya di bolak balik saja.

5. Membuat konten yang saling terkait dan melengkapi


Ini bisa kalian gunakan related post atau bisa menambahkan link terkait secara manual sehingga lebih mudah untuk di klik orang lain. Dalam satu artikel bisa gunakan antara 1-2 link terkait dalam 400 kata. Jadi kalau 1000 kata ya bisa kalian gunakan 3-4 artikel terkait dalam postingan Anda.

Ini tujuannya untuk melengkapi satu sama lain antar artikel, sehingga bagi pengguna yang belum paham soal ini, bisa langsung melarikan ke artikel terkait, ini juga bisa untuk mengurangi bounce rate blog atau rasio pentalan blog Anda.

Biasanya blog yang memiliki Niche sejenis alias bukan blog gado gado, ini akan menjadikan rasio pentalan blognya lebih kecil. Namun jika blog gado gado biasanya sampe 50%++.

Dalam perihal SEO, rasio pentalan ini juga di perhitungkan sebagai alat untuk mengukur kepuasan pengunjung terhadap setiap artkel yang kita buat. Jadi semakin kecil rasio pentalan ini, maka itu menandakan bahwa pengunjung semakin betah berlama lama di blog kita.

6. Gunakan platform yang SEO


Mungkin kalian bingung antara wordpress, joomla, atau blogspot. Nah kita lihat di lapangan saja, dalam perihal SEO blog dengan wordpress dan blogspot memiliki lebih banyak yang ditampilkan di halaman paling atas. Namun bila kamu gunakan platform lainnya atau juga bisa menggunakan platform lokal seperti blog detik, itu sebenarnya sudah dioptimalkan sebaik mungkin untuk menunjang SEO blog kita.

Intinya kalo perihal seo semua platform web blog sudah membekalinya dengan performa yang mantap, tinggal kita sendiri yang menggunakannya bisa secara seo atau tidak.

Namun bila kau pemula atau orang yang butuh akan kesederhanaan, bisa juga menggunakan platform dari google yang gratis yaitu blogspot blogger. Kamu bisa menggunakannya secara ringan mudah simple tanpa ribed. Dari hape pun kamu bisa ngeblog dengan mudah, apalagi setiap HP Android sekarang sudah terintegrasi dengan akun gmail. Jadi tinggal gunakan aplikasinya dan tulis sesukanya di manapun kapanpun juga.

Namun dalam perihal SEO yang lebih lanjut lagi, si wordpress memiliki berbagai plugin yang mendukung kita untuk bisa memiliki artikel yang seo friendly. Artinya kita bisa menulis tapi di benarkan oleh plugin tersebut. Platform ini sebenarnya gratis tapi perlu di hosting sendiri, jadi lebih terkesan profesional dari pada platform dari blogger.

7. Gunakan webmasters dan plugin SEO


Dalam perihal SEO, mendaftarkan blog ke Google webmasters tools, dan Bing webmasters tools adalah kewajiban. Karena kita bisa meletakan sitemap disana, bisa mengetahui perkembangan blog kita dan sebagainya. Jadi pastikan kalau blog baru di buat, segera daftarkan blog Anda di webmasters segera.

Selain itu menggunakan plugin pada WordPress juga penting loh… WordPress ini bisa diinstal berbagai macam plugin. Namun tentunya semakin banyak yang diinstal akan semakin memberatkan hosting. Jadi gunakan seadanya saja. Namun yang terpenting kalian harus memasukan plugin yang mendukung perihal SEO yang memang sudah terbukti.

Beberapa plugin wordpress yang bisa kalian manfaatkan secara gratis adalah:

  • Yoast WP SEO.
  • All In One SEO Pack.
  • Google XML Sitemaps.
  • SEO Friendly Images.
  • Dan lain-lain.

Ini bisa membantu Anda untuk membuat artikel yang seo friendly dan juga akan mengoreksi apabila artikel yang kalian buat belum masuk kategori SEO friendly.

8. Sosial Media Efek


Jangan lupakan sosial media efek loh ya… Anda bisa gunakan dahsyatnya efek yang di timbulkan dari sosial media seperti Facebook, Twitter, atau di berbagai forum diskusi. Ini akan membantu mengenalkan blog Anda kepada orang banyak.

Namun jangan sampai spamming di mana mana ya… apalagi menggunakan tools yang mampu mengirim otomatis ke semua grup FB. Ini bisa menurun reputasi blog kalian perihal SEO. Jadi kalo di Facebook kamu bisa buat halaman lalu gunakan untuk berinteraksi dengan penyuka blog Anda.

Memang saat ini belum tahu secara pasti apakah sosial media langsung di gunakan oleh Google untuk mempengaruhi peringkat blog kita ataupun tidak. Tapi intinya ini sangat penting untuk membantu meningkatkan pengunjung blog Anda.

9. Beri backlink berkualitas


Mencari backlink sebenarnya sudah lama sekali di lakukan oleh para webmasters untuk mendapatkan hasil yang maksimal di mesin pencari terutama di Page google. Namun demikian , sebenarnya mencari backlink itu tidak bagus buat kita. Karena backlink alamilah yang diinginkan oleh para mesin pencari.

Jadi sekarang dalam optimasi SEO, lebih mengutamakan backlink berkualitas saja yang di jadikan acuan dalam penyusunan algoritma Google. Sedangkan backlink yang didapat dari hasil spamming akan membuat reputasi justru down.

Jadi sangat penting bagi kalian untuk memastikan dari manakah sumber backlink berasal. Dan jika itu dari konten yang tidak senonoh, Anda bisa menggunakan disavow Link untuk membantu membuang backlink kotor tersebut di webmasters.

10. Offpage SEO


Offpage SEO ini bisa Anda gunakan seperti iklan berbayar, atau iklan di TV. Saya melihat bahwa iklan di TV memberikan dampak yang sangat penting terhadap optimasi SEO. Hal ini karena pengunjungnya yang menjadi sangat banyak akan menjadikan blog tersebut reputasinya baik di mata search engine.

Atau promosi dari mulut ke mulut juga bisa kamu lakukan kok. Secara tidak langsung ini bisa membuat blog kamu terkenal lalu banyak pengunjung dan bisa bersaing secara SEO. Jadi apapun yang menjadikan blog kalian terkenal gunakan saja, asalkan tidak pake cara black hat.

Bila ingin mudah kamu bisa manfaatkan suatu komunitas baik offline ataupun online. Jadi jika ada anggota komunitas yang butuh informasi, kalian tinggal buat artikelnya dan berikan penjelasan kepada mereka. Asalkan itu bukan forum diskusi tentang blog dan sejenisnya saya yakin Anda boleh menyebarkan link blogmu di sana. Asalkan tidak spam.

Ya itulah sedikit gambaran umum tentang konsep-konsep yang biasa di gunakan oleh para webmasters blogger untuk optimasi SEO untuk menunjang webnya agar bisa bersaing dengan produk lainnya di dalam mesin pencari.

Semoga pembahasan mengenai Tips Optimasi SEO untuk Para Blogger ini bermanfaat bagi kita semua.

Berikan tanggapan Anda
EmoticonEmoticon

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×