Template dan Tips Seputar Blogger

Thursday, June 22, 2017

Tips SEO Bing Lengkap Terbaru

Tips SEO Bing Lengkap Terbaru - Seringkali kita mengoptimasi blog kita hanya untuk google saja, namun dibalik itu, sebenarnya kita juga perlu melakukan optimasi untuk search engine lain semacam bing dan yahoo. Karena bagaimanapun juga, bing dan yahoo juga bisa menjadi salah satu sumber trafik yang besar bagi blog kita. Jadi alangkah baiknya untuk memanfaatkan search engine tersebut. Memang banyak yang memberikan panduan seo google tapi jarang yang membahas tips seo bing. Karena itulah saya ingin mengulas dalam artikel kali ini.

Tips SEO Bing Lengkap Terbaru

Untuk blog saya sendiri mendapatkan trafik dari kedua mesin pencari itu kurang dari 2%. Ini artinya, saya tidak mengoptimalkan kedua mesin pencari itu dengan baik. Padahal saya justru pernah melihat ada web yang hampir 80% sumber trafiknya dari bing. Ini menandakan bahwa walau popularitas bing yahoo tak sebaik google, namun keduanya masih menjadi pilihan bagi sebagian orang. Apalagi bagi pengguna windows yang menggunakan browser edge sebagai browser bawaan, pasti mesin pencarinya adalah bing.

Perlu anda tahu, bahwa jika seseorang menggunakan bing, maka ia juga sama saja menggunakan yahoo. Karena mesin dari yahoo sendiri adalah dari bing. Jadi jika anda bisa memenangkan posisi di halaman utama bing, maka otomatis di yahoo pun demikian. Yang mengcrawl milyaran web dan triliunan artikel adalah bing, yang mengurutkan peringkat juga bing, yahoo tinggal menggunakan hasil akhir itu dalam menampilkan hasil.

Sebenarnya yang dikeluhkan bagi sebagian pengguna dan juga para webmaster adalah kemampuan robot penjelajah dan juga pada masalah perankingan. Hal itu bisa dibilang lebih lambat dari yang dibayangkan. Apalagi jika dibandingkan dengan google, maka akan kalah jauh, selain itu kadang crawl itu datangnya diwaktu yang tidak tepat, jadi kalau tidak disubmit, maka akan sangat lama sekali tampilnya. Aplalagi untuk blog baru, maka itu akan berkali kali lebih lama.

Hal itu akan menjadikan hasilnya kurang relevan, jadi hal itu menjadikan pengguna juga merasa bosan. Itulah salah satu alasan kenapa orang lebih memilih google dibandingkan bing dan yahoo.

Dalam kesempatan ini saya ingin memberikan panduan seo bing lengkap yang bersumber dari bing webmaster. Jadi ini memang benar benar bisa menjadi referensi dan rujukan, bukan rumor tidak jelas semata.

Perlu anda tahu, kadangkala google dan bing itu memiliki kebalikan dari hasil yang ditampilkan. Karena menurut mereka masing masing arti relevan itu berbeda beda. Jadi bisa saja digoogle diperingkat utama, namun di bing di peringkat yang sangat jauh atau bahkan sebaliknya. Ini sangat sering saya temui.

Memang dari kebanyakan tips yang diberikan keduanya memang sama, namun bagaimanapun juga, keduanya memiliki perbedaan algortima kerjanya, jadi hasil yang didapat pun akan berbeda. Maka dari itulah kadangkala kita akan mendapatkan banyak hasil yang benar benar berbeda antara kedua jenis situs diatas.

Untuk bisa memenangkan pencarian dikedua situs ini saya kira tak semudah di google. Blog atau web yang sudah memiliki popularitas tinggi itu akan mudah untuk memenagkan persaingan, namun kalau blog baru saya rasa tidak semudah membalikan telapak tangan. Maka dari itulah panduan seo bing ini semoga bisa menjadi referensi buat kita semua.

1. Buat konten dengan baik


Konten yang baik adalah konten yang mudah dibaca oleh pembaca, namun juga mudah ditemukan oleh mesin pencari. Kalau menurut sumber dari bing webmasters sendiri, konten yang kita buat harus clear, mudah ditemukan, dan isinya mendalam maka itu akan lebih disukai oleh crawl dari mesin pencari tersebut.

Konten yang baik adalah konten yang memiliki navigasi yang memudahkan pengunjung untuk membaca lebih banyak artikel dalam blog anda. Blog yang kaya akan konten dan memiliki informasi yang relevan satu sama lain juga akan mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari nantinya.

Konten yang selalu diperbarui juga menjadi kunci utama untuk bisa memenangkan di pencrian bing. Karena dalam beberapa kasus memang artikel yang dibuat hari ini belum tentu besok masih bisa dibaca. Karena artikel yang dibuat sekarang, besok juga bisa sudah basi. Jadi kesegaran konten merupakan salah satu hal yang disukai oleh bing.

Bing tidak menyukai web dengan miskin konten, terlalu banyak iklan, dan web yang dialihkan ke web lain. Konten dengan pengulangan keyword yang mengganggu pembaca juga akan menjadi masalah dikemudian hari. Maka dari itu, anda harus menghindari hal semacam itu.

Struktur dalam suatu konten

Dalam struktur konten sendiri, anda dapat menggunakan beberapa hal sesuai panduan seo bing berikut:

  • Judul, buatlah yang relevan dan jelas
  • Meta deskripsi, ini akan memberikan arti lebih bagi artikel itu sendiri
  • Atribut alt tag, anda bisa memberikan arti pada gambar
  • Tag h1, gunakan pada judul blog bukan pada judul artikel
  • Internal link, ini akan memberikan kemudahan dalam navigasi situs
  • Eksternal link, anda harus hati hati memberikan link kepada web yang mungkin tidak baik
  • Hirarki konten, ini adalah struktur konten dalam suatu artikel dari yang penting ke tidak penting atau sebaliknya
  • Navigasi umum seperti breadcumbs, sitelink dan sebagianya akan memberikan kemudahan dalam akses pengunjung

Dalam membuat konten anda juga perlu memperhatikan keyword. Pertama tama anda harus melakukan reset sendiri yang khusus untuk bing jangan gunakan Google keyword planner. Tapi gunakanlah yang ada fasilitas untuk bing atau yahoo. Riset keyword ini sangat penting karena datang atau tidaknya pengunjung itu biasanya dari situ.

Selain itu hindarilah seperti duplikat konten. Karena bukan hanya google saja yang benci duplikat, tapi bing juga demikian. Jadi pastikan buat yang unik. Kalau memang harus mengutip dari sumber lain, usahakan untuk menautkan sumber di akhir halaman.

Selain itu, anda juga perlu mengelola berbagai jenis error page, pengalihan dan sebagainya. Itu akan membuat web anda lebih terlihat baik di mata search engine.

2. Gunakan link yang sesuai


Bukan hanya mengatur permalink saja, tapi kita harus mengatur dan mengelola link yang ada dengan baik, baik itu dari internal link atau backlink. Karena hal ini juga bagian penting dalam pengindekan. Karena apabila link tidak sesuai, maka bing akan mengabaikan link itu dan tidak akan mengindeknya.

Selain itu, backlink juga merupakan salah satu faktor penting yang akan menjadi salah satu faktor peringkat dari bing sendiri. Bad backlink akan menjadikan reputasi semakin menurun. Selain itu, link yang berasal dari skema link, link farm, link spammy juga jika ketahuan bing akan mendapatkan hukuman yaitu akan di delist atau deindex bagi laman itu atau keseluruhan.

Dalam membuat link yang saling berkaitan dalam artikel atau sering disebut internal link, kita juga perlu membuatnya menjadi suatu anchor text yang clean and relevan. Artinya tidak mengganggu pemandangan tapi harus relevan. Kita juga harus hati hati saat menautkan link dari page yang tidak relevan karena ini bisa membahayakan blog itu sendiri.

Menggunakan rel canonical juga penting. Hal ini untuk membantu pengindekan bagi mesin pencari. Dengan rel=canonical ini akan menunjukan mana link yang original dan mana yang bukan. Jadi tidak akan dianggap duplikat konten.

Dalam menyusun permalink usahakan gunakan yang ringkas dan tidak menggunakan berbagai hal yang tidak diperlukan. Misalnya blog.iumari.com/2017/06/tips-seo-bing-lengkap-terbaru.html. Jika anda sudah cukup lama menjadi blogger pasti sudah tahu mengenai cara membuat permalink yang baik dan benar. Karena dalam panduan seo bing kali ini, saya tidak akan membahas lebih lanjut mengenai masalah ini.

3. Tingkatkan sosial signal positif


Sosial signal menjadi penanda bagi suatu web atau blog tentang seberapa populerkah dia. Karena bagaimanapun juga, bing crawl juga akan menyelidiki dan stay di berbagai sosial media untuk mendapatkan berbagai info dari seluruh web. Dalam panduan seo bing, juga memperhatikan lebih jauh mengenai peran sosial media untuk SEO. Maka dari itu mengingat begitu pentingnya sosial signal, anda perlu mendapatkan berupa signal positif bagi web anda.

Sosial signal bisa datang dari facebook, google plus, linkedin, twitter, instagram, dan masih banyak lagi. Karena itu, anda perlu mengoptimalkan web anda dalam beberapa jenis sosial media. Jadi selain akan mendapatkan kemungkinan yang lebih besar untuk menduduki halaman pertama di mesin pencari, pengunjung dari sosial media juga akan mendatangkan banyak pengunjung. Apalagi jika hal itu dilakukan dengan menggunakan seoptimal mungkin, terlebih dengan artikel yang memicu viral.

Sesuai dengan penjelasan dari webmaster guidlines resmi dari bing juga mengatakan bahwa kita tidak boleh melakukan sosial signal schemas. Jadi tak hanya backlink saja, melainkan upaya untuk melakukan memanipulasi sosial media juga perlu diperhatikan. Misalnya dengan membeli follower dan sebagainya. Jika hal itu terus dilakukan, maka sosial signal itu akan diabaikan dari sinyal peringkat dalam mesin pencari nantinya nantinya.

Untuk mengoptimalkan sosial media ini memang agak susah menurut saya sendiri. Karena jika melakukan sedari awal, akan sangat sulit untuk mendapatkan hasil sesuai harapan. Situs situs web besar saja untuk mendapatkan 100 ribu like fanspage facebook juga butuh waktu yang tak sebentar. Jadi bagaimana mungkin kalau blog baru tapi sudah mendapatkan banyak like. Maka dari itu, anda perlu memperhatikan mengenai hal ini.

4. Pahami cara kerja bing


Dengan memahami seperti apa sistem pengindekan bing, maka anda diharapkan bisa mengetahui bagaimana agar bisa berjalan selaras dengan hal itu. Dengan bing memberitahukan mengenai sistem pengindekan robot crawl mereka, maka kita harus memanfaatkan hal tersebut dengan baik, bukan malah mengelabuhi dengan menyerang kelemahannya.

Sistem pengindekan suatu sistem mesin pencari, itu sangat kompleks. Ya benar, sangat kompleks. Kalau google sendiri dalam menampilkan hasil yang relevan menggunakan sekitar 4 proses. Namun dalam salah satu proses itu sendiri tentu sudah ada bagian lain yang bekerja. Terutama dalam menampilkan menggunakan lebih dari 200 faktor, dan masing masing faktor itu ada sub faktor lagi.

Kemungkinan, sistem pengindekan dan penampilan hasil dari bing ini tidak serumit milik google. Namun tetap kompleks. Karena dari situlah akan tercipta hasil yang relevan nantinya. Maka dari itu, anda dapat menggunakan berbagai hal yang berkaitan dengan cara kerja sistem bing ini. Dengan memperhatikan apa saja faktor SEO yang mempengaruhinya, maka anda dapat mengoptimalkannya sesuai dengan faktor faktor yang ada.

5. Tingkatkan performa dan kecepatan situs


Tak hanya google saja yang peduli terhadap kecepatan situs. Bing juga sangat memperhatikan kecepatan situs bahkan situs yang lambat juga sepertinya diberi label lankanya pada google. Karena bagaimanapun juga, kecepatan situs merupakan salah satu bagian dari kenyamanan terhadap pelayanan pengunjung.

Dalam beberapa kasus, orang akan menutup lalu kembali ke mesin pencari jika blognya belum keload dalam waktu 5 detik walau koneksi lancar. Hal inilah yang juga sering saya rasakan, terutama di tampilan mobile. Karena blog semacam ini hanya akan menghabiskan kuota lebih banyak saja dibandingkan blog yang lebih ringan dan cepat loadingnya.

Memang sih, kecepatan suatu loading itu tidak hanya tergantung dari bagaimana teknologi yang digunakan di theme atau template web itu. Misalnya javascript, flash, dan rich media lainnya mungkin dapat mengganggu kecepatan situs, namun kecepatan dari server atau hosting yang anda miliki sendiri itu juga penting. Karena jika server sering down, maka blog anda akan lambat walau memiliki tampilan yang clean dan simple.

Anda bisa mengukur kecepatan situs menggunakan berbagai jenis alat pengukur seperti gtmetrix, google pagespeed insight dan sebagainya. Dengan alat semacam itu pula anda bisa mendapatkan bantuan mengenai bagaimana caranya untuk memperbaiki loading web anda. Karena jika hal itu dibiarkan begitu saja, pasti akan membuat pengunjung tidak betah di blog anda.

Selain itu, bing bot juga tidak menyukai web yang lambat. Berbagai rich media atau navigasi yang lambat dimuat juga akan terabaikan oleh mereka. Maka dari itu, anda harus mengimplementasikan berbagai jenis elemen elemen dalam web yang mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pembaca. Selalu pilih elemen yang terbaru dan lebih ringan.

Atau anda bisa mencoba memakai proyek AMP dari google. Kabarnya, blog akan lebih cepat hingga 3 kali jika menggunakan AMP. Anda bisa menggunakan plugin untuk membuat web anda menjadi valid AMP.

6. Gunakan alat webmasters bing toolbox


Ini merupakan panduan seo bing yang sangat penting. Pada dasarnya setiap mesin pencari menyediakan suatu tools atau alat bagi si webmasters atau bagi para pemilik blog untuk mengoptimalkan lebih baik lagi webnya agar sesuai dengan mesin pencari itu. Sama halnya dengan bing yang menyediakan berbagai tools yang dapat anda manfaatkan dengan gratis.

Selain itu, anda juga perlu mendaftarkan disana, karena dengan itulah anda akan mendapatkan banyak fasilitas. Terutama pemberitahuan akan berbagai hal yang menyangkut web, mulai dari saran optimasi, hingga notif akan ancaman malware. Saya dulu juga sering kali mendapatkan notice mengenai malware di blog saya dan mereka juga memberikan saya kiat untuk menghilangkannya.

Sebenarnya tak berbeda jauh antara google search console dan bing toolbox ini. Jadi bagi anda yang sudah terbiasa mengoptimasi lewat google console, maka akan mudah untuk menggunakan bing toolbox ini.

Fitur fitur tools yang diberikan juga banyak, mulai dari submit url, sitemap, mobile friendly test, keyword research tool, fetch as bingboot, markup validator, site move,verify bingbot tool, robot.txt, seo analyzer. Selain itu, ada beberapa fitur fitur lain yang juga memiliki banyak kegunaan untuk lebih memudahkan anda dalam mengoptimalkan blog atau web yang anda miliki.

Hal itu sangat penting untuk kita manfaatkan sebaik mungkin nantinya. Jadi bagi anda yang sekarang belum mendaftarnya, maka mulai sekarang anda dapat mendaftarnya dan segera mengoptimalisasi web blog yang anda miliki. Jadi bagi anda yang sudah punya akun microsoft, maka anda sudah bisa masuk dan mulai menggunakan bing webmasters tanpa perlu mendaftarkannya lagi.

Demikianlah pembahasan mengenai panduan seo bing yang saya ambil dari halaman resmi bing seo guidlines. Semoaga pembahasan dari setiap poin poin dalam panduan seo bing ini bermanfaat buat kita semuanya. Terima kasih.

Berikan tanggapan Anda
EmoticonEmoticon

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×