Template dan Tips Seputar Blogger

Thursday, June 22, 2017

Tutorial Cara Edit HTML Template Blogger

Tutorial Cara Edit HTML Template Blogger - Beberapa waktu yang lalu blogger telah merubah tampilan pada halaman edit HTML. Namun saya belum sempat membuat artikel atau postingan mengenai hal ini, karena berbagai macam aktivitas.

Tampilan edit HTML template blogger memang telah diubah, namun yakinlah perubahan ini dimaksudkan untuk mempermudah pengguna blogger itu sendiri. Karena logikanya sangat tidak mungkin sekali perubahan ini tidak memiliki sebuah komitmen dan pertimbangan dari pihak blogger untuk menjadikan blogger menjadi lebih baik lagi.

Tutorial Cara Edit HTML Template Blogger

Namun yang menjadi permasalahannya sekarang adalah perubahan edit HTML ini masih belum diterima oleh sebahagian kalangan pengguna platform blogger, karena perubahannya juga mendadak. Sehingga mengakibatkan banyaknya pengguna blogger khususnya yang baru membuat blog merasa bingung untuk memodifikasi template blogger.

Mungkin masih teringat dalam benak kita, ketika blogger mengubah tampilan dashboard lama ke dashboard baru. Perubhan ini juga menjadi topik yang sering dibahas oleh banyak blogger dalam mensosialisasikannya. Sehingga paradigma yang menentang perubahan tersebut mengakui bahwa perubahan yang dilakukan oleh pihak blogger semata-mata untuk memudahkan dan menuju ke arah yang lebih baik. Begitu juga dengan perubahan edit HTML blogger yang kita rasakan saat ini.

Cara Edit HTML Template Blogger


Ada beberapa penambahan dan pengurangan dari fitur edit HTML template blogger diantaranya :

  • Dihapusnya Expand Template Widget yang menampilkan seluruh kode HTML, JavaScript maupun CSS yang membentuk template blogger.
  • Penambahan tombol jump to widget/lompat ke widget yang berfungsi untuk menampilkan sebuah widget tertntu dalam template blogger yang memudahkan kita untuk mengedit bagian widget yang kita sesuaikan.
  • Penambahan tombol Revert Changes/Kembalikan Perubahan yang berfungsi untuk memulihkan/ mengembalikan dan membersihkan pengeditan yang dilakukan ke semula.
  • Pratinjau Template kini menyatu dan tampil dalam Editor Template, seperti Adobe Dreamweaver.
  • Penambahan tombol Format Template, untuk menyusun tag dan kode yang ditambahkan pada template blog.
  • Menggunakan sistem Collapse, untuk menyembunyikan dan menampilkan kode (klik tanda ► disamping nomor urut kode).
  • Penambahan fungsi Ctrl+Shift+F dan Ctrl+Shift+R

Jika Anda ingin edit template blog dan ingin menemukan kode yang ingin di edit, untuk mempermudah pencarian kode, maka tentukan dahuulu bagian template mana yang di edit (baca poin ke 2 di atas). Lalu tempatkan cursor pada kode editor lalu tekan CTRL+F atau tekan F3 untuk mencari kode.

Saya rasa cukup mudah dan tidak ada yang sulit, untuk itu saya akhiri artikel panduan dan tutorial cara edit html template blogger baru ini, semoga bermanfaat dan menjawab segala kebingungan Anda.

Berikan tanggapan Anda
EmoticonEmoticon

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×